Kenapa sih banyak orang bingung tentang branding ? Untuk sukses dalam menciptakan sebuah branding, anda harus memahami kebutuhan atau keinginan dari konsumen. Selain logo yang mudah diingat, branding yang bagus akan meningkatkan nilai perusahaan. Bayangkan apabila anda adalah pemilik bisnis yang produk tersebut dicari oleh banyak konsumen, tetapi tidak menemukan nama atau logo yang menjadi dasar dari identitas produk anda. Anda akan kehilangan potensial konsumen yang datang dan menyebabkan bisnis anda tidak berkembang. Tentunya anda tidak ingin kejadian tersebut terjadi.

APA ITU BRANDING ?

Branding mewakili jumlah persepsi orang tentang layanan konsumen, reputasi, iklan dan logo perusahaan. Sebagai pemilik bisnis bukan hanya menjaga kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, namun juga perlu memperhatikan bagaimana cara membangun branding dengan tepat. Branding adalah nama , istilah, simbol atau kombinasi desain dari keduanya untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari satu penjual dan untuk membedakan dari yang lainnya. Ada jutaan pebisnis  yang menjual produk yang sejenis dengan produk anda. Hadirnya brand adalah sebagai identitas untuk membedakan produk yang diproduksi dengan produk sejenis yang diproduksi oleh bisnis lain.

MENGAPA BRANDING BERPERAN PENTING UNTUK ANDA ?

Sangat penting bagi entrepreneur atau start – up founder untuk mempertimbangkan bagaimana branding untuk produk atau jasa yang ingin dijual kepada konsumen. Branding bukan hanya tentang target pasar anda untuk membuat konsumen memilih anda. Namun juga tentang kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen.

Jika anda adalah pengusaha yang baru akan memulai sebuah bisnis, mungkin anda masih belum membutuhkan untuk membuat brand , karena anda sudah cukup percaya diri dengan produk yang sudah dibuat. Tetapi harus anda pahami bahwa produk atau jasa yang anda buat tidak dapat memasarkan dirinya sendiri. Anda harus membentuk sebuah brand untuk produk atau jasa yang akan anda buat. Untuk berbagai ,manfaat branding sebagai berikut :

  • Memberikan Identitas

Seperti yang sudah disampaikan pada beberapa paragraf sebelumnya brand berfungsi sebagai identitas. Sebagai identitas itulah yang membedakan produk atau jasa anda yang sejenis dengan kompetitor. Anda harus tahu bahwa identitas brand yang paling dasar adalah logo desain. Desain logo professional cukup sederhana untuk diingat, tetapi cukup kuat untuk memberikan kesan yang diinginkan dari perusahaan anda.

  • Menyampaikan Nilai atau manfaat produk atau jasa anda

Ketika anda membangun sebuah brand , itu artinya anda sudah siap untuk menyampaikan pesan atau nilai yang terkandung pada produk atau jasa yang anda punya. Nilai yang anda sampaikan bisa menjadi magnet tersendiri bagi target market dari produk atau jasa yang brand anda tawarkan.

  • Membangun komunikasi terhadap konsumen

Anda telah membuka pintu komunikasi dengan target market dan calon konsumen. Brand anda akan menyampaikan berbagai pesan kepada konsumen. Seperti nilai – nilai yang ada di brand anda, kelebihan dari produk atau jasa anda, dan berbagai hal lainnya. Karena sudah memiliki brand juga memungkinkan untuk dapat review dari konsumen yang telah memakai produk atau jasa anda kemudian review tersebut bisa anda jadikan testimoni untuk produk atau jasa anda.

  • Membangun Reputasi, Kredibilitas dan Persepsi

Ketika sudah banyak konsumen yang mencoba produk atau jasa dari brand anda, konsumen akan mengetahui kredibilitas brand anda dan mulai membangun persepsi konsumen tentang brand anda. Tentu saja reputasi image brand anda semakin bagus dan baik. Penampilan profesional membangun kepercayaan terhadap konsumen dan lebih cenderung membeli produk atau jasa anda.

Nah sudah tahu kan kenapa branding sangat penting bagi bisnis anda ?

Seperti yang sudah di sampaikan bahwa pemilik bisnis harus mempertimbangkan dengan matang brand yang akan digunakan di produk atau jasanya. Persiapkan dengan baik untuk memulai membangun branding. Ketika branding sudah mempunyai identitas yang kuat, maka kepercayaan konsumen akan melekat pada produk atau jasa brand anda. Loyalitas yang baik terhadap brand, menciptakan persepsi untuk diberitakan baik dari sebuah wujud fisik maupun dari mulut ke mulut. Jadi anda tidak perlu bingung dan khawatir karena Logo Revolution akan membantu anda untuk membuat sebuah brand yang menurut unsur – unsur dari makna yang anda ciptakan. Jika ada pertanyaan seputar brand,bisa langsung hubungi melalui whatsapp yang tertera. demikian  artikel singkat mengenai branding. tunggu artikel singkat berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *